SELAMAT DATANG DI BLOG AMF
Al Mageti Foundation (AMF) adalah program bantuan beasiswa dari alumni Magetan kepada pelajar Magetan
Mimpi AMF adalah menjadi lembaga sosial profesional yang dapat membantu ratusan siswa yang kurang mampu
Bantuan dapat disalurkan melalui: Rekening bank Muamalat: 0124727845 atas nama: Setyo Purwanto (Bendahara Umum AMF) Kode atm bersama: 147

PROGRAM QURBAN BERSAMA

Picture is taken from : serumpunpseko.wordpress.com

Sudah setahun ini beberapa orang alumni Magetan yang tergabung dalam forum MAGETI mengadakan program Qurban Bersama. Hal yang mendasari program ini adalah fenomena yang terjadi di banyak lingkungan di sekitar rumah kita, di mana terjadi pendistribusian daging yang tidak proporsional. Di suatu lingkungan, hewan qurban yang disembelih berlebih, sedangkan di lingkungan yang lain kemungkinan masih banyak yang tidak dapat menikmati. Sungguh ini sebuah ironi.

Mari sejenak kita cermati Firman Allah dalam Q.S. Al Kautsar ayat 2:
"Maka shalatlah untuk Rabbmu dan sembelihlah hewan".

dan juga Sabda Rasulullah S.A.W.:
"Aku diperintahkan dengan menyembelih korban itu dan ia adalah sunat ke atas kamu". (Hadis riwayat Tirmidzi)

Menyembelih hewan qurban termasuk amal salih yang paling utama. ‘Aisyah radhiyallahu’anha menceritakan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidaklah anak Adam melakukan suatu amalan pada hari Nahr (Iedul Adha) yang lebih dicintai oleh Allah melebihi mengalirkan darah (qurban), maka hendaknya kalian merasa senang karenanya.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah dan Al Hakim dengan sanad sahih.

Oleh karena itu, kami mengajak rekan-rekan semua untuk bersama-sama melaksanakan ibadah yang satu ini, mencoba semakin mendekatkan diri pada-Nya. Tapi kita semua tahu bahwa harga hewan qurban (kambing, domba atau sapi) tidaklah murah apalagi di bulan dzulhijjah. Jika tidak diprogramkan maka akan berat bagi kita untuk menjalankannya. Maka di sini kami menawarkan salah satu metode agar kita dapat menjalankan perintah Allah tersebut secara efektif dan efisien. Metode tersebut adalah mencicil secara bulanan untuk membeli hewan qurban. Di masyarakat, metode ini biasa disebut arisan hewan qurban.

Dan awal tahun masehi ini, kembali kami menawarkan kepada anda-anda semua mengenai program hebat ini. Secara garis besar, Program Qurban Bersama itu adalah sebagai berikut:

1. Keanggotaan
Muslim yang berniat berqurban.

2. Pembayaran
Setiap anggota minimal membayar Rp. 100.000 tiap bulan atau Rp. 1.200.000 setahun. Nilai tersebut adalah nominal terkecil, jika anggota mampu membayar lebih maka itu lebih baik. Yakinlah…! Bagi mereka yang berqurban, Allah akan segera memberikan ganti biaya qurban yang dia keluarkan.

3. Hewan Qurban
Adalah sapi yang insyaAllah dipilih sebagai program qurban bersama ini (jika tidak ada kendala pada point 4). Kenapa harus sapi? dari pengalaman dua tahun jualan (pengalaman pribadi pelopor program ini), bahwa di Indonesia ini permintaan sapi lebih banyak daripada kambing. Kenapa? karena orang Indonesia menganggap daging kambing itu lebih tidak sehat dari daging sapi (bahkan banyak yang dilarang makan kambing, kata dokternya^_^). Selain itu, hewan kambing itu ngurusnya repot. Sedangkan sapi selain tidak repot mengurusnya, cukup efisien juga ketika penyembelihan. Dengan alasan-alasan tersebut (meski tidak semuanya selalu benar, kita hanya melihat kenyataan/fenomena yang ada di masyarakat) sehingga dipilihlah sapi sebagai hewan qurban pada program ini.

4. Penyaluran
Dana anggota program dapat disalurkan untuk membeli hewan qurban dengan alternatif:
- Membeli sapi per 7 anggota (dana yang terkumpul minimal Rp. 8.400.000). Sapi tersebut dapat disalurkan ke desa miskin di Magetan atau sesuai kesepakatan anggota.
- Dana yang terkumpul dikembalikan ke anggota untuk membeli hewan qurban sendiri. atau
- Dana disalurkan ke lembaga penyaluran qurban yang ditunjuk.

Semoga amal kita diterima oleh Allah. (niat dihitung satu.... -Smile-)


Note :
-Jika memiliki masukan / pendapat, bisa disampaikan langsung di komentar blog ini, atau bisa juga gabung di forum mageti di thread Program Qurban Bersama.
-Untuk mengetahui program ini lebih detail silahkan lihat disini : http://mageti.indonesianforum.net/f30-program-qurban-bersama

5 comments:

Fifin said...

insyaAllah saya ikut lagi. Cuma sedang mencermati point ke -3 diatas : "1 keluarga cukup 1 hewan qurban". Hemm berarti istriku ndak perlu qurban lagi kalau aku dah qurban.
Berarti aku ikut 1 saja. Semoga sih yang lain ada tambahan yang ikut lagi..
coba mayang atau giyanto?!

Anonymous said...

Iya siapapun yang MAU... btw, bisa diedit gak nih artikelnya.. khan baru draft
=drafter=

Fifin said...

siap saya kasih tahu bang 'amfmageti' untuk mengeditnya.

mayang said...

InsyaAllah. Count me in, Pak. Jadi mulai aktife kapan ki?

almageti said...

@mayang : siap mbak, nanti akan dimasukkan. Aktifnya bisa sekarang ^_^.
untuk rekening dan metode lebih detailnya di thread forum mageti : http://mageti.indonesianforum.net/t246-program-qurban-bersama-jilid-2#1985

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons