SELAMAT DATANG DI BLOG AMF
Al Mageti Foundation (AMF) adalah program bantuan beasiswa dari alumni Magetan kepada pelajar Magetan
Mimpi AMF adalah menjadi lembaga sosial profesional yang dapat membantu ratusan siswa yang kurang mampu
Bantuan dapat disalurkan melalui: Rekening bank Muamalat: 0124727845 atas nama: Setyo Purwanto (Bendahara Umum AMF) Kode atm bersama: 147

Menempuh Jalan Juang (-Informasi Beasiswa-)

Picture is taken from gubugreyot.com

Salah satu solusi yang ditawarkan AMF kepada adik-adik pelajar yang ada di Magetan adalah jembatan informasi antara Universitas dengan Sekolah. Tak melulu AMF memberikan beasiswa yang bersifat langsung, namun memanfaatkan informasi beasiswa yang sudah ada di universitas-unversitas negeri yang terkadang tidak sampai ke sekolah. Kami tidak ingin adik-adik pelajar menjadi paranoid duluan sebelum mendaftar kuliah. Karena informasi yang berkembang di masyarakat mengenai mahalnya biaya kuliah cenderung tidak sesuai dengan kenyataan di lapangan. Bahkan kenyataan berbicara banyak diantara para alumni yang sampai lulus tidak pernah membayar SPP. Ini karena pemanfaatan beasiswa.

Beberapa waktu yang lalu, beberapa pengurus AMF mencoba menggali informasi beasiswa diberbagai perguruan tinggi negeri. Namun karena keterbatasan waktu dan SDM, akhirnya hanya sedikit informasi yang sudah kami dapatkan. Meskipun begitu, kami tetap berharap informasi yang masih minim ini menjadi manfaat dan pelejit semangat untuk tetap gigih memperjuangkan cita-cita menggali ilmu.

Yang pertama datang dari kampus ITS Surabaya. Seorang alumni bernama Giyanto membeberkan informasi yang cukup penting mengenai beasiswa yang ditawarkan dari kampus ini. InsyaAllah pihak kampus ITS sekarang menyediakan banyak pilihan beasiswa.
1. Dari Bank (BRI, BCA, BI)
2. Dari perusahaan (PT. THIESS dll),
3. Beasiswa asrama ( PPSDMS, SDM IPTEK, ETOS, MUTIARA- khusus wanita),
4. beasiswa BIDIK MISI, dan ini yang paling besar kuotanya.

Mengenai beasiswa Bidik Misi tahun 2011 kemarin dari kuota sebelumnya hanya 500 orang, kini ditambah menjadi 1000 orang. Subhanallah ini kesempatan yang luar biasa. InsyaAllah peluang mendapat beasiswa sangatlah besar. Bahkan ada teman alumni yang menjadi pengurus salah satu beasiswa merasa kesulitan mencari calon penerima. Jadi bagi adik-adik SMU yang memiliki masalah ekonomi jangan kuwatir. Kami sarankan silahkan daftar beasiswa Bidik Misi dahulu. Tidak perlu memikirkan diterima tidaknya. Yang paling penting data masuk dahulu. Jika ada tambahan kuota biasanya yang diutamakan adalah yang sudah ada di dalam data. Dan kalaupun nasib mengantar untuk tidak mendapat beasiswa Bidik Misi (sedangkan yang bersangkutan lulus SMPB dan diterima di jurusan terkait), insyaAllah bisa mengajukan keringanan / beasiswa dari rektorat.

Informasi penting yang kedua datang dari saudari kita mbak Novita di Jogja. Tambahan untuk beasiswa Bidik Misi, bagi adik-adik SMU yang tidak lolos beasiswa Bidik Misi melalui pihak sekolah, jangan ragu untuk ikut UMPTN/SMPB. Ketika mengisi formulir pendaftaran, pada bagian pendapatan orang tua pilih saja opsi di bawah satu juta. Pengalaman berharga datang dari mahasiswa yang tahun kemarin diterima di kampus UGM melalui jalur SNMPTN. Dia mengisi pendapatan orang tua dibawah satu juta dan alhamdulillah dia akhirnya mendapatkan beasiswa Bidik Misi tahap 2. Uang yang sudah dibayarkan ketika awal masuk malah dikembalikan lagi ke mahasiswa dan ditambah lagi bebas biaya SPMA.

Mengenai pilihan jurusan atau fakultas diharapakan sesuai dengan cita-cita, minat, passion. Meskipun tentu saja tidak bisa dipungkiri faktor kuota setiap jurusan yang diambil sangatlah mempengaruhi diterima beasiswa ini. Tapi mempelajari sesuatu yang kita suka itu akan lebih mudah daripada menyukai apa yang kita pelajari. Jangan menurunkan standar target kita, tetapi perbaiki dan layakkan diri kita untuk mencapai target itu.

Adik-adikku yang kami sayangi, ada begitu banyak kesempatan luar biasa yang sedang menanti kita. Tancapkan azzam dihati ini untuk gigih berjuang menggapai ilmu. Ilmu yang insyaAllah bermanfaat tak hanya bagi kita sendiri, tapi bagi keluarga, bagi masyarakat, bangsa dan negara, serta yang paling penting adalah bagi agama. Going extra miles, man jadda wajada. SEMANGAT !!!.


(/fin)

Referensi : http://www.snmptn.ac.id/i_page.php?m_id=13

7 comments:

Anonymous said...

#
Novita Hudyaningtyas
numpang nimbrung nih om...tambahan info untuk bidik misi..sebagaimana yg udah ane sampein ke bang fifin untuk adik adik yang gak lolos bidik misi melalui pihak sekolah jangan ragu untuk ikut UMPTN....nanti untuk bagian pendapatan ortu pilih... saja yang di bawah satu juta....pengalaman mahasiswa UGM yang tahun kemarin masuk UGM melalui jalur SNMPTN dan mengisi pendapatan ortu dibawah satu juta alhamdulillah dapat beasiswa bidik misi tahap 2..dan untuk uang yang sudah dibayarkan pada saat awal masuk dikembalikan lagi ke mahasiswa...dan info satu lagi untuk mahasiswa yang pendapatan ortu di bawah satu juta bebas biaya SPMA.(minimal 5 juta)....dan untuk besarnya beasiswa yang diberikan biasanya setiap tahun naik 100 ribu rupiah...dan penerima beasiswa bidik misi tidak diperkenankan mengambil beasiswa lain.....untuk info lebih lanjut ttg bidik misi buka aja fb nya di Bidik Misi Dikti Kemendiknas..tapi harus pake nama asli ya...nanti kalo ada info ttg Bidik Misi lebih lanjut dari suami akan ane infokan ....saran lagi kalo lewat sekolah milih jurusannya sebaiknya yang realistis jangan terlalu idealis..maksudnya antara kuota masing masing prodi dan animo mahasiswanya dipilih mana yang kira kira kita bisa berpeluang masuk...kalo ane datanya cuma punya yang UNY aja...See More
January 15 at 12:25pm · LikeUnlike
#
Setyo Purwanto wah infonya semakin lengkap ki.....
January 15 at 12:34pm · LikeUnlike
#
Fifin Nugroho Iyo tinggal dirangkum iki. Ayo ndang digawe artikel'e
January 15 at 12:44pm · LikeUnlike
#

* Mark as Spam
* Report as Abuse...

Nugroho Andi Rama sumanggaaken, :)
January 15 at 12:50pm · LikeUnlike
#
Fifin Nugroho Monggo...
January 15 at 12:53pm · LikeUnlike
#
Thoyib Bin Suparyo Matur suwun kagem @ummi novita. trima kasih tlah jd matahari, memberi pencerahan. smg bguna buat adik2 mahasiswa. aku dah mcb nyari link/situs ttg bidik misi tp lom nemu yg memuaskan. mgkn krn kterbatasan hape.
January 15 at 4:28pm · Like

Anonymous said...

#
Fifin Nugroho maksudmu ini yib : http://www.dikti.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=863&Itemid=316
Program Bantuan Biaya Pendidikan Bidik Misi
www.dikti.go.id
Website Resmi Ditjen DIKTI
January 15 at 4:34pm · LikeUnlike
#
Fifin Nugroho oke kawan, ini saya sedang membuat artikelnya. Doakan yaaaaaa....!! he he.. semoga sebelum magrib sudah selesai. Jangan lupa ntar dikasih komen di blog, biar rameee..
January 15 at 4:41pm · LikeUnlike
#
Thoyib Bin Suparyo
Dan mengenai jurusan/fakultas emg kita tkadang harus realistis. tp apa salah jk idealis? jelas tidak. tp bukan hanya idealis aja (cuma ide) tp jg brusaha merealisasikan. lihat apa cita2mu, minatmu, passion mu. trus plh jurusan yg sesuai. me...mpelajari yg kita sukai lbh mudah drpd menyukai yg kita pelajari. jgn menurunkan standar target kita, tp perbaiki/layakkan diri kita untk target itu. going extra miles. man jadda wajada.See More
January 15 at 4:41pm · LikeUnlike
#
Fifin Nugroho oke, komen terakhir ini akan saya masukkan ke artikelnya. Semoga bermanfaat...
January 15 at 4:42pm · LikeUnlike
#
Thoyib Bin Suparyo Iya fin. itu hasil googling plg atas. masalahe tiap tak klik maka yg muncul adlh halaman dpn dikti. mgkn krn hape ato emg di-redirect oleh diktinya.
January 15 at 4:46pm · LikeUnlike
#
Thoyib Bin Suparyo
Wah, komen itu seingatku diambl dr buku SAF (lali). mengenai 'going extra miles' bkn hanya belajar dan mengerjakan tgs tiap hari. tp bs jg dgn memposisikan dr agar 'harus' masuk jurusan itu. memotivasi diri sendiri. misale, stlah uan pergi ...k kampus impian, tiap hr menengok k jurusan idaman. klo perlu ngekos (itung2 survey), pake duit sendr (usahakan). sbgn dr kita mirip odol. dpencet dulu br keluar potensinya.
Ada yg d sma-nya biasa aja, tp bisa jd 20 besar pas umptn di itb. yup, kalian(esp adik sma) bisa kok. ada milyaran neuron yg mampu menyelesaikan soal2 ujian masuk itu. kita mampu, tp masalahny MAU ato tidak.See More
January 15 at 5:08pm · LikeUnlike
#
Fifin Nugroho alhamdulillah sesuai prediksiku, sebelum maghrib sudah selesai artikelnya. http://almagetifoundation.blogspot.com/2012/01/menempuh-jalan-juang-informasi-beasiswa.html
Menempuh Jalan Juang (-Informasi Beasiswa-)
almagetifoundation.blogspot.com
January 15 at 5:39pm · Like

Anonymous said...

#
Novita Hudyaningtyas
satu lagi tambahan akh....kalo temen2 yang kebetulan bekerja di dunia kampus khususnya PTN...misalnya akh Gianto atau ukhti Mayang..suamiku menyarankan untuk cari info di bagian Pembantu Rektor 1 untuk mengetahui informasi lebih dalam lagi ...tentang berapa kuota bidik misi yang didapat oleh kampus tsb lalu cari info lagi ttg berapa kuota dan animo tiap tiap prodi agar adik adik kita punya data pembanding yang akurat untuk mengambil pilihan prodi atau jurusan yang akan diambil...insya Allah pihak rekrorat akan membantu kok (pengalaman pribadi suami ane hehehe )See More
January 15 at 5:52pm · LikeUnlike
#
Novita Hudyaningtyas
untuk bang thoyib...iyya realistis harus tapi kita juga hrus berkaca dari peringkat di kelas kalo selama di SMA jadi the one oke idealis boleh tidak masalah tapi kalo selama di kelas hanya rangking 6 sampai 10 kita juga harus realistis, bed...a dengan ujian tulis yang bedasarkan uji kemampuan kita masing masing...bidik misi itu ada 2 bidik misi prestasi dan ujian tulis...kalo prestasi dari hasil raport dan tingkat ekonomi keluarga sedangkan ujian tulis ya SNMPTn ntuh....tapi inget bidik misi hanya untuk keluarga yang tidak mampu....SNMPTN sendiri pun sekarang dibagi beberapa jalur ada jalur undangan prestasi, undangan bidik misi, ujian tulis, ujian tulis bidik misi..... dan tambahan lagi untuk 2012 nilai UAN ikut masuk dalam skoring penentuan diterima tidaknya masuk PTN / snmptn..(info dari suamiku..semoga semakin melengkapi pengetahuan kita tentang dunia pendidikan tinggi yang ternya sistemnya selalu update)See More
January 15 at 6:03pm · LikeUnlike
#
Novita Hudyaningtyas tambahan lagi untuk calon peserta bidik misi biasanya dari PTN yang dipilih akan mengunjungi untuk memverifikasi layak tidaknya dapat beasiswa bidik misi, karena di UNY ada kasus dicoretnya calon peserta bidik misi karena tyt keluarganya orang mampu/kaya...
January 15 at 6:06pm · LikeUnlike
#
Novita Hudyaningtyas pak fifin afwan referensi yang antum cantumkan di blog itu masih yang lama...untuk yang baru ( Tahun 2012 ) blm keluar...ane sama suami juga udah buka referensi itu tadi siang..dan kata suami untuk tahun 2012 infonya blm ada..emang kemarin per 1 januari katanya dah ada di internet tapi pas td dicari blm ada infonya sama sekali...
January 15 at 6:23pm · LikeUnlike
#
Thoyib Bin Suparyo Hehehe. inggih bu. dsini aku berbicara scr umum. bukan hanya beasiswa yg mensyaratkan peringkat dlm raport. [bsambung] #msh d jalan
January 15 at 6:39pm · LikeUnlike
#
Fifin Nugroho Oke bu. Nanti saya edit lg. Maklum badan sudah capek,laptop sudah ditutup. Besok saja. Terima kasih infonipun..
January 15 at 6:44pm · LikeUnlike
#
Thoyib Bin Suparyo
Wah, muga2 aa fifin dsehatkan slalu.
(Lanjutan)
maksud kalimatku diatas adlh scr umum. beasiswa itu ada buaanyak jian (maaf agak hiperbolis, kata yg tepat untk lebay). ada yg mensyaratkan rangking ada yg tdk. ada beasiswa prestasi, ada yg e...konomi.
jd secara umum, apakah rangking 6 (ato berapapun) jd alasan tdk msk jurusan idaman. apakah rangking mediocore jd alasan menurunkan target. menurutku tidak. apakah rangking 3 besar jd jaminan msk ptn favorit. ternyata tidak. ingat siswa no 1 lulusan 2002 dan 2003 sma 1 tdk masuk ptn. jd rangking dan nilai gak ada urusan ma msk tidaknya ptn. itu hanya sejarah. kita msh bs masuk jurusan idaman di ptn fave. jk kita tahu nilai (angka) kita krg bgs, mk belajar lebih. makan soal latihan min 3x sehari. kalahkan (nilai) kita sendiri. going extra miles. nekad (positif). sampe skrg ibuku msh mengatakan k murid2nya: jk ingin msk ptn yg bgs, nekadlah. anakku msk itb bmodalkan nekad. hehehe.See More

Anonymous said...

#
Fifin Nugroho Oke dua-duanya bener. Yang idealis realistis.
January 15 at 8:00pm · LikeUnlike
#
Novita Hudyaningtyas iyya ente bener..ane melihatnya hanya khusus untuk bidik misi saja karena di bidik misi ini peluang untuk adik adik kita cukup besar..apalagi untuk adik adik kita yang pengen bener bener kuliah tapi terbatas dalam hal biaya.... itulah kenapa suami ane sering ane cecar soal info2 terbaru soal bidik misi... lagian untuk ane dan suami bidik misi tuh memberi banyak cerita, pengalaman dan hikmah....
January 15 at 8:16pm · LikeUnlike
#
Thoyib Bin Suparyo Dah menulis paragraf kedua, eh gak tposting. maklum lg d kreta.
yup. tdk ada yg salah dan menyalahkan dsini. hanya mengutarakan pendapat. masalahnya org indo srg tdk nyaman dgn perbedaan pendapat. hal yg smg kita tdk melestarikannya. kita emang beda, kita emg tdk satu, tp kita BERSATU.
January 15 at 8:55pm · LikeUnlike · 1
#
Thoyib Bin Suparyo
Lanjut. mengenai beasiswa yg mensyaratkan nilai ato rangking. apakah rangking 6 tdk boleh milih jurusan/fakultas favorit? ternyata sebuah pengalaman bkata lain. tahun lalu, sepupuku (sma bogor) ingin ikut program smacam pmdk. krn cita2, dia... ingin masuk feui. jurusan favorit. bdasar data dan omongan org, sulit msk situ. dan krn dia peringkt 5, mk dia menarik diri. menurutnya itu sulit, saingannya 4 besar. tipis kemungkinan. make sense sih.
pd hari pengumuman, ternyata yg masuk feui bukan peringkat 1-4. tp si peringkat 6. ternyata si 1-5 ini menyerah sblom btanding ato beda passion/minat. nah lho. dan si no 6, yakin pd pilihannya.
sepupuku tentu menyesal, tp dia punya cita2 lain, plan b, dia masuk hukum ugm. lg2 krn cita2. memperbaiki ekonomi ato hukum d indonesia. :)
plan for the best, prepare for the worst.
do our best, may Allah do the rest.See More
January 15 at 9:23pm · LikeUnlike
#
Nugroho Andi Rama wuich, akehe tulisane,..
January 15 at 9:30pm · LikeUnlike
#
Thoyib Bin Suparyo Sak akeh2 e tulisan ora masalah yen komen mu mung ngono kui. gyahahaha.
January 15 at 9:37pm · LikeUnlike
#
Nugroho Andi Rama wakakakakaka,... ngerti ae mas bro iki.
January 15 at 9:38pm · LikeUnlike
#
Novita Hudyaningtyas
hehehe betul bang thoyib.. kalo kita gak pegang data memang kita selalu dihadapkan pada model "judi" dan "kata orang" dalam penentuan pilihan.... pengalaman pribadi ponakan ane diterima bidik misi, dia diterima bidikmisinya (d3 elektronika)... walo di kelas rangking sangat biasa2 saja karena suami pegang data animo PBU/PMDK beberapa tahun sebelumnya, sementara ada the One tingkat sekolah dia yg selalu jd nomer satu gagal karena pilihannya adalah favorit semua 1.PGSD 2.Pend.InformatikaSee More
January 16 at 10:17am · LikeUnlike
#
Novita Hudyaningtyas
ada yg idealis dan ada yg realistis, ada yg model kayak suami pake model "pokok"nya... katanya kalo gak kuliah di elektro mending gak kuliah, akhirnya bisa masuk elektro walo hanya di d3 ugm di tahun kedua pula.. kalo di itung2 2 kali ikut ...umptn dan 4 kali ikut ujian gelombang d3 karena diterima di gelombang terakhir tahun kedua... wehehehe.. mantaf juga perjuangannya.. kebalikan ma ane yg gak pernah ikut2 ujian masuk PTN wakakkaakkSee More
January 16 at 10:24am · LikeUnlike
#
Fifin Nugroho
disini kita kan sedang memberikan wacana kepada adik-adik mengenai cara mendapatkan beasiswa bidik misi. Semua yang kita bicarakan disini tak akan berguna jika tak dicantumkan di blog atau di forum mageti. Tak akan ada yang baca!. Mending s...ilahkan berkomentar di blog. Jadi jika ada adik-adik SMU yang baca blog, bisa langsung baca juga komentar-komentar dari kita yang insyaAllah berguna juga. Jangan diposting disini lagi. Jazakumullah....See More
January 16 at 10:34am · Like

Anonymous said...

#
Novita Hudyaningtyas ok bos kata suamiku itu tugas ente mindah komen komen ini ke forum heheheh..lagi pada terbawa suasana dan lagi semangat semangatnya berbagi informasi...harap maklum peace..hihihi
January 16 at 6:07pm · LikeUnlike
#
Fifin Nugroho
mbak novita dan suami, memang bener saya sebagai pengelola blog bertugas merangkum informasi dari temen2 diatas untuk diposting di blog. Tapi maksud saya adalah bagaimana jika 'pendapat' temen2 yang "idealis vs realistis" diatas dicantumin ...aja di kolom komentar di blog. Selain mungkin berguna bagi pembaca, sekaligus meramaikan blog dengan komentar keren temen2 semua. Sedangkan untuk postingan di blog sih insyaAllah menurut saya sudah cukup informatif (mohon bedakan antara 'informasi' dengan 'pendapat'), jadi tidak perlu ditambahin lagi. Yang bergenre 'pendapat' bisa ditambahin saja di bagian komentar. Kan daripada ditulis disini (panjang-panjang lagi), yang baca juga udah pada lulus semua he he. Selain itu capek juga kan saya mengkonvert lagi tulisan temen2 yang gaul ini ke tulisan yang agak resmi di blog. Kemarin saja saya nulis postingan ini 2 jam. Sedangkan jika temen2 nulis di bagian komentar ndak sampai 5 menit insyaAllah dah beres. Mari kita besarkan AMF bersama-sama termasuk meramaikan blognya ^_^. Semangat...See More
January 16 at 7:01pm · LikeUnlike
#
Novita Hudyaningtyas siiiip pak fifin,,manut mawon ....eh komen suamiku tuh bercanda loo..jangan dibawa serius.. afwan ya
January 16 at 8:20pm · LikeUnlike
#
Fifin Nugroho afwan jg, kalau penjelasan panjang saya dianggap terlalu serius hik hik. ini jg karakter bangsa indonesia, penjelasan panjang sering dianggap serius. kan ini supaya lebih jelas saja maksud saya ;-). oke ditunggu informasi selanjutnya yah.. semangat!
January 16 at 8:41pm · LikeUnlike
#
Thoyib Bin Suparyo
Aku ngerti maksud te fifin. supaya tulisan yg dsini tsebarkan. spy energi dan informasi lbh bmanfaat. good point. kmarin jg tlintas d kepala.
tp menurutku, ibu novita n giyanto yg jarang k forum sdg memberikan suara emasnya. ini momentum. j...d kupikir gak pntg d mana kita ngomong, yg pntg momen tsbt tdk bhenti. biar keluar smua unek2nya. toh pikirku nanti bs d copy paste. mjg orisinalitas.
toh, komen d fb cpt mcpai titik jenuh. dan smg newsfeed bs bguna buat temen2 yg lain.
suwun. qedSee More
January 16 at 11:23pm · LikeUnlike
#
Fifin Nugroho Siip mantabss
January 17 at 8:33am · LikeUnlike
#
Novita Hudyaningtyas fin copasin ke blog ya diskusi2 ini, tugas elu tuh.. ;)) and kapan2 ane mo kasih scan2an animo bidik misi per prodi di uny... biar punya data adik2 kita...
January 17 at 8:56am · LikeUnlike
#
Fifin Nugroho Sekali lg yg bergenre informasi sudah saya bikinkan di blog. Yg pendapat tugas masing tuk ngeramein blog. Jika nanti ada info lagi ntar bisa ditambahin.
January 17 at 9:08am · LikeUnlike
#
Setyo Purwanto biar nanti saya yg copas,klo ada ksmptn ya,biasa sinyal di kampoeng nyala murup nyala murup.....,seneng saya liat semangat tmn2....
January 17 at 9:24am · LikeUnlike
#
Fifin Nugroho nah ini ada volunter.. salut deh.. semangat set.
January 17 at 9:28am · LikeUnlike
#
Thoyib Bin Suparyo Gyahahaha. dah lama gak denger guyonan kuwi set. nyala murup.
bhubung koneksi slalu nyala dan murup (emg lampu?) mk gak ada alasan untk tdk dlakukan. :)
January 17 at 1:30pm · LikeUnlike
#
Fifin Nugroho Ha ha..wah ga sadar pisan aku nek enek kata kuwi. Tak kirain nyala mati
January 17 at 1:44pm · Like

novita said...

informasi pendaftaran bidik misi sudah dibuka silahkan klik di http://www.snmptn.ac.id/i_page.php?m_id=13 pilih sendiri yang mana yang mau dibuka..insya Allah komplit jadi bisa dipersiapkan mulai dari sekarang ya..

almageti said...

terima kasih kepada Anonymous yang sudah memforward informasi dari FB ke sini.

terima kasih juga kepada mbak novita yang sudah memberikan link referensinya.

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons